Small Note – Budiawan Hutasoit
Mereka yang memberi banyak akan memperoleh banyak, baik secara emosional, fisik, mental dan spiritual

Pasar Saham Menguat


Bursa saham di Amerika Serikat dan Eropa pada akhir pekan lalu ditutup menguat. Begitulah berita di Kompas hari Jumat, 27 Agustus 2007.
Berita ini sangat menyenangkan..tapi bukan itu yang menjadi perhatian saya. Tapi gambar yang ada di Kompas tersebut dan seperti yang tergambar di atas.

Di gambar tersebut terpampang gambar para investor yang sedang bermain kartu (main cangkulan, barangkali) di sebuah perusahaan sekuritas di Shanghai, China sambil mengamati harga saham. Dan yang bikin saya ‘surprise’ adalah pakaian yang dikenakan…hampir semuanya mengenakan kaos, ada yang pakai celana tanggung, baju kutung…dan bahkan ada yang tertidur.
Saya tidak tahu, gambar ini diambil di perusahaan sekuritas yang bonafide atau tidak, tapi coba kita bandingkan dengan di perusahaan sekuritas di Indonesia.

Mungkin dari ratusan perusahaan sekuritas di Indonesia, belum ada yang ‘sebebas’ ini..jika kita memasuki perusahaan sekuritas di Indonesia, pasti yang kita temui adalah para pria yang berdasi, wanita dengan mode pakaian terbaru (walaupun mungkin banyak yang beli di Mangga Dua..hehe), dengan semerbak harum parfum, dan yang pasti dipersenjatai dengan gadget atau HaPe seri ter-anyar.

Dan bagaimanakah penampilan para investornya?
Wuihhh..pasti tidak mau kalah dung..Tidak mungkin hanya datang dengan pakai kaos dan sandal…weleh-weleh…emangnya mau ke Pasar Induk Kramat Jati?
Sama seperti saya, pada saat datang ke salah satu perusahaan sekuritas di gedung GKBI Sudirman, Jakarta untuk menutup transaksi sahama saya di sana..saya datang dengan penampilan yang tidak mau kalah set…padahal…hahaha…

coba deh..apa anda berani datang ke salah satu perusahaan sekuritas di Jkaarta dengan pakaian seperti yang ada di gambar di atas?
walaupun duit anda segerobak (gerobak apa kek..)…jangankan invest…disapa pun belum tentu..benar nggak?

tapi coba bandingkan indeks saham kita dengan Shanghai Composite Index (Indeks acuan di China)..kalau saya tidak salah..beberapa waktu yang lalu SCI sudah menembus angka 5,000, sedangkan di Indonesia baru di level 2,000.
apakah karna rakyat Indonesia banyak yang belum mau bermain di saham? atau mereka belum tahu? atau bagi sebagian besar orang, bermain saham itu hanya untuk orang yang hmmm katakanlah berduit?
atau tidak bisakah orang-orang yang seperti di gambar ini juga bisa bermain di saham di Indonesia?

apakah kita hanya atau masih mementingkan penampilan?

saya tidak tau..tapi yang jelas jika saya lihat di CCTV9 (siaran telivisi China), orang-orang yang datang ke ‘pasar’ saham jarang sekali yang datang dengan penampilan parlente…sebagian besar yaa..seperti yang ada di gambar ini..pakaian sederhana, tapi antusiasnya rrrruaarrr biasa…

mudah-mudahan pasar saham Indonesia bisa berubah ke arah yang lebih baik..

No Responses to “”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: