Small Note – Budiawan Hutasoit
Mereka yang memberi banyak akan memperoleh banyak, baik secara emosional, fisik, mental dan spiritual

Internet : Salah satu keajaiban dunia

Sejak krisis ekonomi mendera satu dekade lalu, Korea terus berbenah. Salah satunya diwujudkan dengan membangun Songdo. Ide pembangunan pusat bisnis international ini digelontorkan pemerintah Kota Incheon sejak 1999.  Posco E&C, anak perusahaan Posco-perusahaan baja plat merah di Korea-yang semula menangani desain awal proyek. Namun pemerintah Kota Inchoen menginginkan ada mitra asing terlibat.
Posco lalu memperkejakan Jay Kim, konsultan independen. Tugasnya mencari rekan international buat Posco. Jay akhirnya terbang ke Amerika.
“Ia menemukan kami dari INTERNET,kata John B.Hynes III. “Padahal ia tidak tau sama sekali tentang kami sebelumnya.”  
Keduanya bertemu di Boston pada awal 2001 John B Hynes III adalah Presiden Gale International, raja properti Amerika Serikat yang tersohor.


Ditemukan di internet dan tidak tau sama sekali sebelumnya…wah menarik sekali…Jay Kim dari Korea menemukan John B Haynes yang ada di negeri Paman Sam melalui internet.  Sekali lagi baca Internet.  Begitu powerfulnya ‘makhluk’ yang namanya internet ini.  Begitu hebatnya internet ini…Apakah memang demikian?

Pada awal berdirinya PT. Quantum Indonesia Translogistic, maka promosi yang dapat kami lakukan sangat terbatas. Paling-paling dari mulut ke mulut.  Jika ada agent dari luar negri yang menanyakan company profile kami atau menanyakan web site kami, maka paling-paling kami hanya menyebutkan bahwa website kami saat ini ‘under construction’.  Dan keberadaan Quantum Indonesia Translogistic hanya diketahui oleh segilintir orang.  Padahal salah satu dari unsur 4P selain – Product, Price, Place – adalah Promotion, supaya orang-orang mengetahui keberadaan perusahaan/jenis usaha kita.  Percuma jika hanya memiliki Product, Price dan Place yang baik, bila unsur Promotion diabaikan.

Salah satu sarana tempat berpromosi yang sangat effektif adalah melaui media internet, maka saya memutuskan untuk membuat website Quantum Indonesia, dengan tujuan awalnya adalah hanya supaya orang-orang tau..ini lho ada perusahaan yang namanya Quantum Indonesia…jadi tidak malu-maluin, begitu…

Maka mulailah saya bergerilya mencari tukang bikin website (hahaha…kayak Alm Benyamin S aja..tukang insinyur)..maksud saya mencari web desainer yang cukup bagus dan dengan ongkos jasa yang tidak terlalu mahal.  Disamping itu, mencari perusahaan hosting yang cukup andal untuk menempatkan website ini.  
Maka hasil dari ‘googling’ ini, saya menemukan partner untuk jasa desain websitenya Bapak Soebita

(http://soebita.com/) dan untuk jasa hostingnya adalah IDwebhost (http://idwebhost.com).

Lokasi saya adalah di Medan, sedangkan Bapak Soebita ada di Semarang dan IDWebhost ada di Jogja.  
Sekali lagi, internet mempertemukan kami. Melalui diskusi via chatting dengan Pak Soebita, maka akhirnya sebuah website sederhana terbentuk.  
Dari awal saya sudah bilang ke  Pak Soebita agar website ini jangan dipenuhi dengan gambar-gambar atau flash yang terlalu banyak yang mengakibatkan lambat pada saat proses download.


Simplicity is nice…


Untunglah Pak Soebita cukup sabar menghadapi saya dan beliau ini juga cukup ahli di SEO (ini makhluk apa lagi??hehe)

Setelah website jadi, maka dengan ‘terpaksa’ kami mencantumkan alamat website ini di-signature email kami, agar orang-orang tahu bahwa kami sudah memiliki website.  Disamping itu, juga saya promosikan di beberapa search engine dan milis.

Apakah hasilnya?

Sungguh tepat apa yang dikatakan oleh John B.Hynes di atas…Disamping nama Quantum Indonesia Translogistic jadi cukup terdengar (yang belum pernah dengar mah kebangetan..), maka kadang-kadang, ops salah..seringkali kami mendapatkan email dari luar negeri baik itu mengenai agency corporation, inquiry dan sebagainya. Kami tidak kenal siapa yang mengirim email, tapi yang jelas di introduction emailnya disebutkan :
Got your information from net.
Kami pernah menghandle shipment dari agent di Ukraine…yang sampai sekarang kami belum pernah bertemu secara fisik.  

Dan yang pasti karena keberadaan website ini meningkatkan income perusahaan kami..

Jadi jangan tunda-tunda lagi..Langsung saja tancap gas untuk membuat website dan promosikan perusahaan atau usaha anda..Website ini akan bekerja 24 jam…Cari tukang-tukang jasa website dan perusahaan jasa hosting yang handal..lalu…jreng….siap-siaplah untuk menerima hal-hal positip yang tidak terduga.

Percayalah tanpa website dan promosi usaha anda pasti jalan di tempat


No Responses to “”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: