Small Note – Budiawan Hutasoit
Mereka yang memberi banyak akan memperoleh banyak, baik secara emosional, fisik, mental dan spiritual

Bill Gates Tawar Yahoo! Seharga Rp. 491 Triliun

Masih ingat mengenai artikel dari Ninok Leksono mengenai orang kaya terkaya AS – Bill Gates – di http://budiawan-hutasoit.blogspot.com/2008/01/orang-terkaya-as-dan-ebp-artikel-1.html dan di http://budiawan-hutasoit.blogspot.com/2008/01/orang-terkaya-as-dan-ebp-artikel-2.html ?

Hari Jumat tanggal 1 Februari 2008 terdengat berita bahwa Bill Gates, salah satu pemilik Microsoft Corp, menyatakan ingin membeli Yahoo! seharga 44,6 miliar dollar AS, yang jika di rupiahkan kurang lebih Rp. 419 triliun (tolong dibaca pelan-pelan empat ratus sembilan belas triliun). Uang yang angka nolnya berjejer kayak semut jalan, bisa membuat 4,19 juta rakyat Indonesia tercinta memiliki rumah baru seharga Rp. 100 juta. Itu kalau digunakan untuk membeli rumah, coba kalau dibuat untuk mendirikan sekolah, atau rumah sakit, berapa banyak.

Usulan dari Microsoft ini sudah disampaikan kepada Dewan Direksi Yahoo! dan penawaran ini adalah untuk membeli semua saham Yahoo! seharga sekitar 31 dollar AS per lembar, atau 62 persen di atas harga saham Yahoo! pada 31 Januari di pasar bursa.

Microsoft menawarkan dua pilihan, yakni dengan uang tunai bagi penjual saham Yahoo! atau menukarkan saham di Yahoo! menjadi saham di Microsoft. Steve Ballmer – Chief Executive Officer Microsoft – mengatakan, “Kami sangat kagum dengan Yahoo! dan kami bisa meningkatkan pelayanan kepada semua pelanggan, pengguna Yahoo!.  “Hidup, bisnis, dan masyarakat kita memang sudah berubah. Yahoo! termasuk pihak yang menjadi pionir soal itu”, yang terakhir ini diucapkan oleh Ray Ozzie, ahli perangkat lunak Microsoft.

Bagi Microsoft pembelian Yahoo! ini merupakan kesempatan besar, karna pasar iklan sepanjang 2007 lewat semua situs utama di dunia sudah mencapai 40 miliar dollar AS dan akan menjadi 80 miliar dollar AS pada tahun 2010. Yahoo! adalah salah satu yang diuntungkan dengan belanja iklan lewat situs ini.

Microsoft ingin mengintegrasikan produk-produknya dengan Yahoo!. Operasional dan bisnis dua raksasa ini akan disatukan, untuk menciptakan nilai lewat konvergesi bisnis. Untuk itu, Microsoft juga akan menggunakan manajemen dan semua pekerja di Yahoo!.

Pihak Yahoo! sendiri sedang memikirkan tawaran Microsoft tersebut. Sebelum penawaran ini, Yahoo! sedang merencanakan pengurangan 14.000 karyawan atau sekitar 5 persen dari total karyawan. Yahoo! sempat menghadapi masalah karena terjadi kesalahan manajemen. Perusahaan ini mulai beroperasi pada tahun 1995 dan bermarkas di Sunnyvale, California, AS.

Berita rencana akuisisi itu membuat harga saham Yahoo! naik menjadi 29,58 dollar AS per lembar. Harga saham Yahoo! mencapai 34,08 dollar AS pada Oktober 2007. Sebelum tawaran Microsoft itu muncul, harga saham Yahoo! sekitar 19,18 dollar AS per lembar.

Sumber :Kompas, Sabtu, 2 Februari 2008

One Response to “Bill Gates Tawar Yahoo! Seharga Rp. 491 Triliun”

  1. Wah…uang segitu besarnya bisa buat beli kebijakan pemerintah nih…

    Jadi orang super kaya memang enak ya…

    Semoga saya bisa se sukses Bill gates ya. Amien…

    Postingan yang semakin menyemangati saya untuk meraih kesuksesan demi kesuksesan…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: