Small Note – Budiawan Hutasoit
Mereka yang memberi banyak akan memperoleh banyak, baik secara emosional, fisik, mental dan spiritual

Microsoft mau beli Yahoo…

Salam Marketer,

Something unique about Google.

Analisis terakhir yang saya baca mengenai Google adalah sebuah kedahsyatan yang luar biasa. Sampai detik ini siapa yang sanggup mengimbangi dominasi Microsoft? Tidak ada satupun kecuali Google.

WHY???

Karena Google adalah penggabungan liquiditas uang tanpa batas dari bisnis search engine yang kemudian digunakan untuk mengembangkan software open source. Yap, detik-detik Microsoft menjadi tidak relevan lagi di masa kini dan masa depan sudah semakin tergambar dengan utuh.

1. Saya melakukan browsing 95% menggunakan Firefox dan 5% menggunakan Internet Explorer (buat liat data penjualan kantor saja). Firefox adalah contoh keberhasilan Google mengembangkan layanan browser berbasiskan open source. Dan sebagai contoh sukses mengurangi ketergantungan pengguna komputer terhadap Microsoft.

2. Google sedang mengembangkan Office Suites berbasiskan WEB 2.0. Jika ini berhasil berarti Microsoft kembali terancam akan bisnis Microsoft Officenya yang mahal. Kita hanya butuh koneksi Internet (broadband) untuk melakukan aktifitas bisnis, bahkan Google menawarkan tambahan service menyimpan data di servernya.

3. Setelah melihat sukses terancamnya Internet Explorer dan Microsoft Office, kedepannya kita akan melihat terancamnya dominasi Windows. Saat ini Google sedang mengembangkan semacam engine yang akan mengemulasikan semua aplikasi2 yang biasa kita gunakan (game, office, dan lain2) untuk bisa berjalan dengan menggunakan sebuah browser (IE, Firefox, Opera, Netscape). Jika ini sukses, kita sudah gak perlu lagi tergantung pada Windows untuk bekerja. Sebuah browser cukup ringan untuk dipasang di sebuah Playstation, Handphone, Nintendo Wii, Ipod, dan lain2.

Jadi siapa yang bisa mengalahkan Microsoft? Open Source kah?

Hmmm tepatnya Google + Open Source.

Terasa bukan, kalau kebutuhan manusia semakin customized? Semakin ingin dimengerti? Nah, saat ini kondisi Microsoft tidak bisa mengakomodasi hal tersebut. Sampai detik ini saya tidak membutuhkan Windows Vista. Apalagi Office 2007. Yakin sampai detik ini, banyak pengguna membayar terlalu mahal untuk aplikasi2 microsoft yang memiliki beraneka fitur MAHAL yang TIDAK dibutuhkan.

Bagaimana dengan Google? Pastinya terasa kan kalau beraneka kebutuhan anda yang customized sedang berusaha diakomodasi oleh Google. Bagaimana Google melakukannya? Ya dengan menggunakan Open Source dan mengkustomisasinya dengan mempekerjakan lebih dari 10.000 karyawan. Bahkan orang nomer 2 di dunia Open Source bekerja untuk Google. Jadi apakah Microsoft bisa melawan dominasi Google dengan membeli Yahoo?

Jawabannya simple, Sampai detik ini Microsoft gagal dengan Microsoft Zune nya untuk mengalahkan dominasi Ipod. Jadi siapa yang bisa menjamin Microsoft berhasil dengan Yahoo nya?

Salam Marketer.
Trims / Rendy Soeyoko (soeyoko@gmail.com)

No Responses to “Microsoft mau beli Yahoo…”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: