Small Note – Budiawan Hutasoit
Mereka yang memberi banyak akan memperoleh banyak, baik secara emosional, fisik, mental dan spiritual

PLN Perluas Tarif Nonsubsidi ke Pelanggan Listrik 2,200 VA

PLN mengajukan usul untuk memperluas pemberlakuan tarif nonsubsidi kepada pelanggan daya 2.200 VA, sedangkan selama ini hanya untuk pelanggan 6.600 VA ke atas.

Saat ini, kata Dirjen Listrik dan Pemanfaatan Energi J Purwono, pemerintah sedang mempertimbangkan usul tersebut. Apabila hasil evaluasi penerapan tarif nonsubsidi dipelanggan 6.600 VA bagus, maka pelanggan lain yang paling mungkin terkena adalah golongan 2.200 VA.

"Jika memang akan diperluas, paling dikenakan kepada konsumen hingga 2.200 VA. Oleh karena mereka wajib berhemat dan banyak peluang listrik yang bisa dihemat. Kalau pelanggan kecuk nggak bisa dihemat karena sudah hemat," katanya disela-sela perayaan Hari Kartini di Departemen ESDM, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (22/4).

Purwono menambahkan, evaluasi penerapan tarif non-subsidi pada pelanggan 6.600 VA akan selesai pada Mei atu Juni. Sehingga, kalaupun perluasan pada pelanggan 2.200 VA jadi dilakukan, baru setelah pertengahan tahun ini.

Dengan penerapan yang diperluas, maka potensi penghematan pun bisa meningkat. Jika hanya pada pelanggan 6.600 VA target penghematannya sekitar Rp. 2,7 triliun, maka jika diperluas bisa mencapai Rp. 5-6 triliun.

Perhitungannya, jika pelanggan berhemat 1 kWh, maka pelanggan bisa berhemat Rp. 600. Sementara PLN bisa menghemat Rp. 1.800 atau tiga kali lipatnya dari penghematan BBM.

"Setiap kWH listrik diproduksi dari 1/3 liter BBM solar. Jadi setiap kWh berhemat, berarto PLN berhemat 1/3 liter. Coba bayangkan sekian juta pelanggan berhemat semua, pasti besar penghematannya," katanya.

Medan Bisnis, Rabu, 23 April 2008

No Responses to “PLN Perluas Tarif Nonsubsidi ke Pelanggan Listrik 2,200 VA”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: