Small Note – Budiawan Hutasoit
Mereka yang memberi banyak akan memperoleh banyak, baik secara emosional, fisik, mental dan spiritual

MU Terkaya di Dunia

Prestasi Manchester United (MU) berbanding lurus dengan pundi-pundi kekayaan yang dimiliki klub berjuluk Setan Merah itu. Majalah ekonomi kenamaan, Forbes, kemaren melansir United kembali menyandang status terkaya dunia. Hebatnya lagi, predikat itu adalah yang kali ke-empat secara beruntun diraih United.

Berapa total kekayaan yang dimiliki Setan Merah? Forbes melansir bahwa jumlah kekayaan yang dimiliki tim yang musim ini berpotensi besar meraih double winners (Liga Champions dan Premier League) itu mencapai USD 1,8 miliar atau sekitar Rp. 16,5 triliun (dengan asumsi 1 USD = Rp 9.200).

Total kekayaan yang dimiliki United itu jauh lebih besar dari pada yang dimiliki raksasa Spanyol, Real Madrid, yang berada di urutan ke-dua. Dimana, El Real "hanya" memiliki kekayaan senilai USD 1,285 miliar atau sekitar Rp 11,8 triliun. Posisi ke-tiga ditempati klub Inggris lainnya, The Gunners Arsenal, yang memiliki jumlah kekayaan USD 1,2 miliar atau sekitar Rp 11,04 triliun. Dalam satu tahun terakhir, kekayaan Manchester United diperkirakan bertambah hingga USD 111 juta atau Rp 1,02 triliun.

Secara berurutan, peringkat ke-empat tim terkaya di dunia adalah The Red Liverpool dengan pundi-pundi kekayaan senilai USD 1,05 miliar dan raksasa Jerman, Bayern Munchen di posisi ke-lima dengan USD 917 miliar.

"Kekayaan United bertambah lagi USD 45 juta ketika memastikan diri lolos ke babak final Liga Champions," menurut editor Forbes, Jack Gage, seperti dikutip AFP.

Daftar Klub Terkaya di Dunia

1. Manchester United USD 1,8 miliar
2. Real Madrid USD 1,285 miliar
3. Arsenal USD 1,2 miliar
4. Liverpool USD 1,05 miliar
5. Bayern Munchen USD  917 miliar
6. AC Milan USD  798 miliar
7. Barcelona USD  784 miliar
8. Chelsea USD  764 miliar
9. Juventus USD  510 juta
10. Schalke USD  470 juta

Forbes membandingkan, jumlah kekayaan yang dimiliki United itu melampaui jumlah kekayaan yang dimiliki tim profesional di Amerika Serikat. September lalu, Forbes melansir tim terkaya di AS saat ini adalah anggota NFL (National Football League), Dallas Cowboy yang total kekayaannya mencapai USD 1,5 miliar atau sekitar Rp 13,8 triliun.

Elemen-elemen yang digunakan Forbes untuk menentukan jumlah kekayaan klub-klub tersebut antara lain adalah semua apa yang dijual dalam satu tahun terakhir (tiket, pemain, dll), keuntungan, dan deal hak siar.

Forbes juga melansir jika stadion baru The Gunners Arsenal, Emirats Stadium, yang selesai dibangun pada 2006 dengan biaya mencapai USD 860 juta atau sekitar Rp 7,9 triliun dengan kapasitas 60.432 tempat duduk memberikan sumber pendapatan paling tinggi. Yaitu mencapai USD 6 juta (Rp 55,2 miliar) per pertandingan. Sedangkan Old Traford di peringkat kedua. Dimana stadion berkapasitas 76 ribu itu memberikan income sebesar USD 5 juta atau sekitar Rp. 46 miliar per pertandingan.

Selain merilis daftar klub terkaya dunia, Forbes juga melansir daftar pemain dengan pendaptan tertinggi. Tahun ini, mantan skipper timnas Inggris yang saat ini bermain di LA Galaxy, David Beckham, masih berkibar di posisi tertinggi dengan pendapatan mencapai USD 49 juta atau sekitar Rp 450 miliar. Beckham unggul dari pemain Barcelona Ronaldinho yang mempunyai kekayaan USD 33 juta.

Sumber : Sumut Pos, Jumat 2 Mei 2008

No Responses to “MU Terkaya di Dunia”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: