Small Note – Budiawan Hutasoit
Mereka yang memberi banyak akan memperoleh banyak, baik secara emosional, fisik, mental dan spiritual

Small Office Home Office

Pasti anda pernah mendengar istilah ini. Kalau di bahasa Indonesiakan menjadi RuKanCil (Rumah Kantor Kecil)Rasanya memang alternatif solusi bekerja yang tepat. Tidak hanya untuk para Ibu yang ingin lebih berkonsentrasi pada keluarga tanpa meninggalkan kesibukan bekerja, tapi juga bagi para Bapak yang ingin lebih bisa membagi waktu untuk bekerja, keluarga dan bersantai.

Memang enak punya kantor dirumah sendiri, tapi tidak semua bisa mewujudkan impian itu. Banyak yang harus tetap bekerja kantoran di luar rumah, seringkali agak jauh dari rumah.

Bisnis yang basisnya SOHO sebenarnya tidak melulu berorientasi uang tapi cenderung ke pendidikan dan hobi (ada pendapat umumnya ini bagi para wanita). Namun, jika dikelola dengan baik akan menghasilkan income tanpa harus keluar rumah sehingga bisa menyalurkan hobil/talen menjadi sebuah konsep bisnis.

Menurut beberapa anggota milis Dunia Wirausaha, SOHO biasanya condong pada bisnis jasa, contohnya:

-Konsultan-konsultan yang bisa dikerjakan di rumah dan bertemu dengan klien di flexible time kita.

-Penulis-penulis yang bisa di lakukan di rumah.

-Penerjemah yang lebih suka di rumah.

-Catering, yang ini sangat besar peluang untuk di Jakarta dalam pelayanan di gedung2 perkantoran.

Dan masih banyak alternatif mengembangkan jasa-jasa yang bisa dibisniskan. Dalam konsep SOHO ini dibutuhkan kedisiplinan dalam Time Management karena harus bisa memisahkan kepentingan rumah dan pekerjaan, karena bekerja di rumah sangat susah dibedakan jam ngantorny’, apalagi misalnya kalau sering diganggu anak-anak, sehingga penting untuk menananmkan pengertian serta kedisiplinan bagi seluruh anggota keluarga demi mempertahankan waktu produktivitas yang efektif.

Berdasarkan beberapa pengalaman anggota milis DW dalam menjalankan SOHO ada beberapa hal yang bisa menjadi perhatian utama saat berniat terjun ke bisnis model ini:

Apabila terjadi sesuatu pada perusahaan yang mempekerjakan kita melalui virtual office.

Disarankan tetap mempunyai income sampingan yang tetap, misalnya freelance secara internet.

Modal untuk SOHO:TelponKomputerInternet, amat disarankan broadband karena rata-rata lebih murah dalam hal biayaFaxPrinterNetworking alias koneksi untuk mendapatkan order.Memperhitungkan biaya listrik dan internet sebagai bagian dari modal.

Apabila model SOHO anda hanya bertransaksi via internet maka atmosfer SOHO tidak terlalu penting, namun sebaliknya, apabila bisnis SOHO yang ada jalankan memerlukan klien datang kerumah, maka paling tidak harus menyediakan tempat yang memadai bagi kepentingan transaksi saat klien berkunjung.

Salah seorang anggota milis Dunia Wirausaha juga saat ini sedang mempersiapkan sebuah sistem bisnis toko online yang nantinya bakal membantu para SOHOers. Sebagai gambaran sistem yang mau dibangun akan seperti ini:

-Mengurus sistem pembayaran — pemilik bisnis tidak perlu repot ngurus metode pembayaran ke konsumen.Notifikasi order, tidak perlu repot lagi mengecekemail untuk mengetahui order (otomatis diberitahukan oleh sistem).

-Mengurus pengemasan, hal yang cukup esensial pada toko online, karena pengemasan yang baik akan menjamin barang sampai di tujuan tidak rusak.Mengurus pengiriman, langsung pada konsumen.Marketing (still in concept), tidak perlu repot mengurus marketing promosi website karena rencananya akan dikembangkan sistem marketing dimana yang menjalankan sistem marketing itu adalah orang lain, nanti pembayaran yang dipakai sistem komisi.

Intinya, sebagai pemilik toko hanya perlu mengurus pengadaan produk yang dijual dan siap sedia ketika perusahaan akan mengambil produk untuk dikirimkan ke konsumen. Sebuah sistem yang sangat memudahkan bagi para SOHOers.

Source : http://www.dunia-wirausaha.com

No Responses to “Small Office Home Office”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: